Minggu, 13 Oktober 2013

APEC 2013


Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik atau disingkat APEC , adalah forum utama untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi , kerjasama , perdagangan dan investasi di kawasan Asia - Pasifik .


APEC adalah pengelompokan antar pemerintah yang beroperasi atas dasar komitmen yang tidak mengikat , dialog terbuka dan rasa hormat yang sama untuk dilihat dari semua peserta yang ikut bergabung . Tidak seperti WTO atau badan-badan perdagangan multilateral lainnya , APEC tidak memiliki kewajiban perjanjian yang diperlukan dari peserta. Keputusan yang dibuat dalam APEC yang dicapai dengan konsensus dan komitmen yang dilakukan atas dasar sukarela .


APEC memiliki 21 anggota - disebut sebagai " negara anggota " yang menyumbang sekitar 40 persen dari populasi dunia , sekitar 55 persen dari GDP dunia dan sekitar 44 persen dari perdagangan dunia .


APEC 21 Ekonomi Anggota adalah Australia , Brunei Darussalam , Kanada , Chili , Republik Rakyat Cina, Hong Kong , Cina , Indonesia, Jepang, Republik Korea , Malaysia , Meksiko, Selandia Baru , Papua Nugini , Peru , Republik Filipina , Federasi Rusia , Singapura, Cina Taipei , Thailand , Amerika Serikat , Vietnam .


Pada 2013 , Indonesia akan menganggap tuan rumah dan pimpinan APEC . Indonesia akan menggunakan momentum ini untuk memberikan kontribusi yang berarti terhadap proses integrasi ekonomi regional di Asia - Pasifik , seperti yang terjadi di tahun 1994, paramounted oleh kelahiran Bogor Goals .

Kepemimpinan Indonesia sangat dalam APEC ini . Di satu sisi , APEC harus berjalan perannya sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi regional dan global . Di sisi lain , APEC juga diharapkan dapat meningkatkan ketahanan ekonomi daerah dalam perlambatan ekonomi global saat ini, dan memberikan hasil yang lebih konkret untuk masyarakat .


Di bawah " Resilient Asia-Pasifik , Mesin Global Growth" tema, APEC 2013 akan berusaha untuk memastikan bahwa Asia - Pasifik mempertahankan pertumbuhan yang kuat ekonomi dan ketahanan , dan mampu cepat pulih dari guncangan dan contagions dari daerah lain . Indonesia , bersama dengan 20 negara lainnya APEC , dapat berusaha untuk membuat kawasan Asia Pasifik sebagai mesin pertumbuhan ekonomi global. Tema ini lebih lanjut diterjemahkan ke dalam tiga prioritas terkait dengan pencapaian Bogor Goals , pencapaian pertumbuhan yang berkelanjutan dengan ekuitas , dan promosi konektivitas .


APEC 2013 juga akan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memanfaatkan kerjasama ekonomi regional untuk memajukan kepentingan nasionalnya dalam pengembangan kapasitas ekonomi domestik Indonesia , mempromosikan penciptaan lapangan kerja , dan meningkatkan investasi dan ekspor Indonesia . Selain itu , hosting Indonesia di APEC juga akan pasti mendorong manfaat positif dalam promosi perdagangan Indonesia , investasi, pariwisata , dan budaya ke wilayah tersebut

0 komentar:

Posting Komentar